Pilih Bahasa  
Book's Detail
Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Minat Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Desa Pagendingan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), STAIN Pamekasan

ABSTRAK
Hodaifah, 2011: Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Minat Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Desa Pagendingan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), STAIN Pamekasan, Pembimbing: Drs. H. Norhasan, M.Ag.


Kata Kunci : Kinerja Guru, Minat Belajar Siswa.
Proses pembelajaran yang diciptakan dalam kelas merupakan unsur terpenting dalam pelaksanaan pendidikan pada umumnya, bahwa guru adalah aktor terpenting dalam proses pembelajaran yang membutuhkan keterampilan khusus dalam profesinya sebagai guru. Keterampilan atau kemampuan guru adalah sangat penting ditekankan dan ditingkatkan, sehingga kinerja guru dalam profesinya dapat mencapai hasil yang diharapkan, yakni pembelajaran yang kondusif, efektif dan menyenangkan. Namun hal ini, tidak dapat dipungkiri untuk memperhatikan minat belajar yang dimiliki anak didik, sebab anak didik (siswa) merupakan sasaran (objek) utama dalam pembelajaran. Namun perlu diperhatikan oleh guru, bahwa motivasi untuk selalu belajar memang sangat baik jika dipupuk dan dilatih sejak usia dini. Dengan harapan siswa (anak didik) kita dapat memiliki minat yang tinggi untuk belajar dengan baik.
Dengan demikian minat siswa dalam belajar erat hubungannya dengan guru, mengingat hubungan antara minat dengan motivasi, karena motivasi harus di ciptakan oleh guru yang menempatkan dirinya sebagai orang yang multi guna. Jadi motivasi harus ditimbulkan oleh guru agar dapat menciptakan minat belajar siswa dalam proses belajar mengajar
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan prosedur pengumpulan datanya melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Dan product moment sebagai alat analisisnya.
Dalam penelitian ini terdapat beberapa masalah yang menjadi kajian utama, antara lain yang pertama Adakah Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Di MA Miftahul Ulum Pagendingan Galis Pamekasan? Dan kedua Seberapa Besar Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Di MA Miftahul Ulum Pagendingan Galis Pamekasan?
Dari kedua permasalahan diatas, Maka melalui teknik analisis product moment dapat peneliti temukan hasil penelitian adalah 1). Ada pengaruh kinerja guru terhadap minat belajar siswa di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Desa Pagendingan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan, hal ini diketahui bahwa ”r” kerja sebesar 0.849 lebih besar dibandingkan dengan “r” tabel, baik pada taraf kepercayaan 95 % maupun 99 % yaitu 0.244 dan 0.317. dan 2). Besarnya pengaruh kinerja guru terhadap minat belajar siswa di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Desa Pagendingan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan berada pada rentang nilai interpretasi antara 0.800 sampai dengan 0.1000, sehingga diinterpretasikan besarnya pengaruh pada kategori “TINGGI”. Yakni dapat menumbuhkan minat belajar siswa, kemampuan dan keterampilan siswa.
Dengan temuan penelitian ini, diharapkan Bagi kepala sekolah diharapkan dapat memberikan bimbingan dan pengarahan terhadap para guru dalam proses belajar mengajar agar selalu meningkat kemampuannya dalam menjalankan tugas-tugasnya (kinerjanya). Dan bagi semua guru diharapkan tidak berhenti untuk selalu berusaha mengembangkan kompetensi yang dimilikinya agar mampu melaksanakan dan menciptakan proses belajar mengajar yang baik.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Hodaifah - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Skripsi PAI
Skripsi PAI 2011
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit
Tempat Terbit
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik 40
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...